Kamis 11 Jul 2013 13:20 WIB

Hatta Minta Dua Menteri Ini Cermati Permainan Spekulan

Hatta Rajasa
Foto: Antara
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perekonomian Hatta Rajasa menyarankan Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan untuk mencermati kemungkinan adanya permainan spekulan guna menjaga kestabilan harga barang selama Ramadhan hingga Tahun Baru 2014.

"Untuk menjaga harga barang di pasar tetap stabil, kami meminta agar Mentan dan Mendag mencermati kemungkinan adanya permainan spekulan yang memanfaatkan situasi selama musim hari raya keagamaan," kata Hatta di Jakarta, Kamis (11/7).

Menurut dia, kewaspadaan terhadap adanya spekulan perlu dilakukan karena pihaknya telah mendapat laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan bahwa ketersediaan barang di pasar cukup. "Sebab laporan dari BPS menunjukkan bahwa neraca ketersediaan itu positif, artinya ketersediaan barang itu cukup," ujarnya.

Selain itu, kata Hatta, pihaknya juga sudah meminta Bulog (Badan Urusan Logistik) mengintervensi pasar untuk menjamin ketersediaan barang sepanjang Ramadhan -Idul Fitri hingga Natal dan Tahun Baru 2014. "Tentu saja dengan cara mengintervensi pasar kita harapkan harga-harga bahan pokok akan turun atau stabil," tuturnya.

Intervensi pasar itu dilakukan dengan melancarkan pasokan barang ke pasar melalui pembukaan 'keran' impor, terutama untuk daging. "Itu akan dilakukan dengan mempercepat kedatangan 'feed lotter' (anak sapi) yang untuk jatah akhir tahun dimajukan ke depan, ada 109 ribu ekor," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement