Selasa 25 Jun 2013 22:28 WIB

Cari Peluang Bisnis, ACA Kerja Sama dengan Bank Exim

Rep: Satya Festiani/ Red: Mansyur Faqih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Asuransi Central Asia (ACA) mencari peluang bisnis dengan menggandeng Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Bank Exim) untuk kerja sama kontra garansi. Kerja sama mencakup penerbitan sertifikat kontra garansi oleh ACA terhadap garansi yang diterbitkan Bank Exim.

"Pada intinya kerja sama diharapkan dapat meningkatkan income," ujar Presiden Direktur ACA, Teddy Hailamsah, Selasa (25/6). Dengan kerja sama tersebut, ACA mendapatkan peluang bisnis sehingga dapat meningkatkan premi.

Kerja sama dengan Bank Exim akan berlangsung selama satu tahun. Namun, perjanjian akan diperpanjang bila hasilnya positif. ACA optimistis dapat membukukan Rp 20 miliar dalam tahun pertama kerja sama tersebut. ACA mengaku premi yang diberikan untuk nasabah Bank Exim cukup kompetitif. 

Selain kerja sama dengan Bank Exim, ACA telah menjalin kerja sama dengan beberapa bank seperti Bank BTN, Bank Mutiara, dan Bank BCA. "Kita akan mencari peluang dengan bank-bank lain," ujar dia.

Perusahaan asuransi dengan aset kedua terbesar di industri ini memiliki modal Rp 3,18 triliun per Desember 2012. Laba perusahaan sebelum pajak pada 2012 meningkat 11 persen menjadi Rp 208,9 miliar.  

Dalam lima tahun terakhir, premi ACA naik di atas 18 persen. Pertumbuhan pendapatan premi pada 2012 mencapai 13 persen. Portofolio perolehan premi tertinggi diperoleh dari asuransi kendaraan bermotor, yakni sebesar 38 persen, dan asuransi kebakaran sebesar 32,1 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement