Kamis 23 May 2013 15:21 WIB

Fitch Naikkan Peringkat BCA Finance Jadi AAA

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya
BCA finance
Foto: bca
BCA finance

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga pemeringkat Fitch Rating menaikkan peringkat nasional jangka panjang PT BCA Finance (BCAF) dari AA plus menjadi AAA. Outlook perseroan stabil.

Fitch memberikan peringkat nasional jangka panjang di BCAF menjadi AAA.dan peringkat nasional jangka pendek menjadi F1 plus untuk obligas senior berkelanjutan I tahap kedua 2013 senilai Rp 1,8 trilun. Hasil yang diperoleh dari penerbitan ini akan digunakan untuk mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan.

"Peningkatan peringkat Nasional Jangka Panjang BCAF mencerminkan penilaian kembali yang dilakukan oleh Fitch berdasarkan kriteria pemeringkatan atas dukungan dari dan hubungan dengan pemegang saham perusahaan, PT Bank Central Asia Tbk," ujar analis Fitch Rating Julita Wikana, Kamis (23/5).

Peringkat BCAF mencerminkan ekspektasi Fitch atas tingginya probabilitas untuk dukungan pemegang saham bila diperlukan. Pemeringkatan juga mempertimbangkan peranan strategis perseroan terhadap induk perusahaan, terutama dalam mendukung ekspansi bisnis BCA di pasar pembiayaan konsumen domestik.

BCAF memiliki peranan penting dalam mengelola portofolio pinjaman kendaraan melalui BCA. Portofolio pinjaman mobil meningkat lima kali lipat dalam beberapa tahun ini dan berkontribusi sebesar 35 persen dari total pinjaman konsumen BCA pada akhir Maret 2013. "Prospek Stabil mencerminkan ekspektasi Fitch bahwa BCA akan terus mendukung BCAF pada saat diperlukan," lanjut Julita.

Penurunan signifikan kontribusi BCAF terhadap BCA dapat menimbulkan tekanan terhadap peringkat perusahaan. Namun Fitch melihat kemungkinan tersebut kecil di masa mendatang. Pasalnya BCAF memilki manajemen bisnis yang strategis terhadap pembiayaan BCA.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement