Kamis 16 May 2013 15:41 WIB

Citigroup: Obligasi Global Pertamina Terbesar di Indonesia

Rep: Satya Festiani/ Red: Nidia Zuraya
pertamina
pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Citigroup, sebagai salah satu pihak yang ditunjuk PT Pertamina untuk menjadi penjamin emisi obligasi, mengklaim permintaan obligasi global (global  bond) Pertamina mencapai 14 miliar dolar AS. Obligasi global yang diterbitkan perusahaan minyak milik negara itu adalah obligasi global terbesar di Indonesia.

Pertamina menerbitkan global bond senilai 3,25 miliar dolar AS dari total Surat Utang Global Jangka Menengah (GMTN) senilai 5 miliar dolar AS. "Itu adalah issuance bond terbesar dari indonesia," ujar Chief Country Officer Citibank, Tigor Siahaan, usai seminar Citi Indonesia bertajuk '13th Annual Citi Indonesia Economic and Political Outlook Seminar: Pre Election Landscape: Challenges and Opportunities' di Jakarta, Kamis (16/5).

Tigor mengatakan permintaan yang tinggi menunjukkan bagaimana Citigroup bisa menjaring investor asing seperti dari Asia dan Eropa untuk masuk ke Indonesia. "Itu adalah investor Citi yang kita jaring dengan jaringan global," ujar Tigor.

Obligasi Pertamina diterbitkan dalam dua seri dengan tenor yang berbeda. Seri pertama diterbitkan senilai 1,625 miliar dolar AS dengan tenor 10 tahun. Seri kedua diterbitkan bernilai sama dengan tenor 30 tahun.

Pertamina menawarkan kupon obligasi 4,35 persen per tahun untuk seri pertama dan 5,635 persen per tahun untuk seri kedua. Selain Citigroup, Pertamina menunjuk Barclays dan Royal Bank of Scotland untuk menjadi penjamin emisi obligasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement