Jumat 05 Apr 2013 10:46 WIB

Bakrieland Belum Penuhi Pembayaran Obligasi

Rep: Friska Yolandha/ Red: A.Syalaby Ichsan
Bakrieland
Bakrieland

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bakrieland Development Tbk menyatakan belum dapat memenuhi pembayaran obligasi yang diterbitkan oleh anak perusahaan perseroan BLD Investments Pte Ltd senilai 155 juta dolar AS.

Obligasi yang terbit pada 23 Maret 2010 tersebut adalah unsecured guaranteed equity linked bonds dan akan jatuh tempo pada 23 Maret 2015.

Mengacu pada trust deed tertanggal 23 Maret 2010 pemegang obligasi memiliki pilihan untuk mendapatkan pembayaran seluruh atau sebagian (put option) obligasi yang dimaksud pada 23 Maret lalu.

Sehubungan dengan put option tersebut, trustee penerbitan obligasi The Bank of New York Mellon telah menyampaikan pemberitahuan penyetoran dana untuk pembayaran jumlah pokok dan bunga yang akan dibayarkan.

"Atas hal tersebut perseroan belum dapat memenuhinya," ujar Direktur ELTY Feb Sumandar, dalam pernyataannya kepada Bursa Efek Indonesia, Kamis (5/4) malam.

Untuk memenuhi kewajiban tersebut penerbit obligasi dan perseroan telah melakukan upaya restrukturisasi. Hal ini telah dilakukan sejak Februari 2013 dan masih berlangsung sampai saat ini untuk memperoleh persetujuan dengan pemegang saham.

Upaya lain yang dilakukan adalah dengan membentuk coordinating committee untuk pembahasan lebih intensif dengan penerbit obligasi dan perseroan. "Kami berharap pembahasan restrukturisasi dapat dirampungkan dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata Feb.

Perseroan menerbitkan obligasi pada 2010 untuk memenuhi modal kerna, pembiayaan kembali dan mendanai transaksi equity swap. Bunga obligasi yang diterbitkan tersebut 8,625 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement