Kamis 04 Apr 2013 05:33 WIB

Ini Pemicu Harga Minyak Dunia Jatuh

Harga uMinyak Dunia Turun - ilustrasi
Foto: blogspot.com
Harga uMinyak Dunia Turun - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK---Harga minyak dunia jatuh pada Rabu (Kamis pagi WIB), setelah data baru menunjukkan pasokan minyak mentah Amerika Serikat berlimpah, mengindikasikan melemahnya permintaan di ekonomi terbesar dunia itu.

Minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei di New York Mercantile Exchange (NYMEX) ditutup pada 94,45 dolar AS per barel, turun 2,74 dolar AS atau 2,8 persen. Patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Mei menetap di 107,11 dolar AS per barel, jatuh 3,58 dolar AS atau 3,2 persen dalam perdagangan di London.

Penurunan tajam terjadi ketika laporan persediaan mingguan dari Badan Informasi Energi AS (EIA) menunjukkan cadangan minyak mentah AS naik 2,7 juta barel menjadi 388,6 juta barel. Angka itu jauh lebih besar daripada ekspektasi pasar naik 1,5 juta barel, menurut analis yang disurvei oleh Dow Jones Newswires. Laporan ini juga menunjukkan penurunan moderat 600.000 barel pada persediaan bensin, sedikit lebih besar dari perkiraan para analis.

Stephen Schork, seorang analis di Schork Group, mengaitkan penurunan harga minyak mentah terhadap mundurnya harga bensin dalam beberapa hari terakhir. "Persediaan cukup" kata Schork, menambahkan bahwa kilang-kilang minyak selesai dari musim perawatan. "Jadi kemampuan kita untuk membuat bensin lebih banyak akan meningkat dalam beberapa minggu ke depan."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement