Sabtu 09 Mar 2013 17:36 WIB

Pemerintah Bertekad Kembalikan Kejayaan Udang Nasional

SEORANG warga membersihkan udang windu usai panen di sekitar tambak udang desa Karangsong, Indramayu, Jawa Barat.
Foto: ANTARA/Dhedez Anggara
SEORANG warga membersihkan udang windu usai panen di sekitar tambak udang desa Karangsong, Indramayu, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kementerian Kelautan dan Perikanan ingin mengembalikan kejayaan udang nasional. Salah satu upaya yaitu mengoptimalkan luas areal tambak lebih besar dari 20 ribu hektar di daerah pantai utara (Pantura) Jawa Barat dan Banten.

"Untuk target 2014, KKP akan mengoptimalkan luas areal tambak lebih dari 20 ribu hektar di Pantura Jawa Barat dan Banten. Sedangkan target produksi untuk dua wilayah tersebut diharapkan bisa mencapai lebih dari 200 ribu ton," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo, di Jakarta, Sabtu (9/3).

Ia menjelaskan, produksi udang nasional menunjukkan peningkatan dari 400.385 ton pada tahun 2011 menjadi 457.600 ton pada 2012.

Keberhasilan itu, diyakininya didorong antara lain oleh penguasaan teknologi budidaya yang semakin baik, dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan cara-cara budidaya ikan sudah lebih baik.

Capaian tersebut, imbuhnya, juga digenjot peningkatan serapan pasar udang, baik pasar ekspor maupun pasar lokal, serta adanya peningkatan produksi udang dinilai juga akan memberikan tambahan devisa negara dari ekspor udang.

"Oleh karena itu sangat beralasan apabila kita mempunyai keyakinan  bahwa pada tahun 2013 produksi udang nasional juga akan meningkat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement