Jumat 08 Mar 2013 19:08 WIB

Bio Industries Kenalkan Cat Ramah Lingkungan

Direktur PT Bio Industries, Arifin Wicaksono.
Foto: ROL/Karta Raharja Ucu
Direktur PT Bio Industries, Arifin Wicaksono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak banyak perusahaan cat lokal yang memproduksi cat dan bahan coating yang aman dan ramah lingkungan. Salah satu perusahaan yang melihat peluang itu adalah PT Bio Industries yang memperkenalkan teknologi cat bahan finishing kayu berbasis air (water based) yang ramah lingkungan.

Teknologi tersebut sudah diakui dan sesuai regulasi ECHA REACH Regulation (Europe Union) dan US-Environmental Protection Agency (EPA) tentang Volatile organic compound (VOC content). Pengakuan tersebut sangat penting mengingat sejak 2013 setiap produk yang akan diekspor ke negara-negara Uni Eropa, Amerika Serikat, serta negara-negara maju lainnya harus memiliki sertifikat bebas bahan kimia beracun dan ramah lingkungan.

Menurut Direktur PT Bio Industries, Z Arifin Wicaksono, perusahaannya merupakan pelopor dalam mengembangkan produk cat dan bahan coating berbahan dasar air (water based paint and coating specialist) yang aman dan ramah lingkungan.

Pengakuan ramah lingkungan itu, kata Arifin, telah dibuktikan dalam mendapatkan certificate of analysis (COA) dari TUV Rheinland yang menyatakan produk Bio Industries telah sesuai dengan UE-ECHA Reach SVHC regulation 2010.

"Tidak mudah mendapatkan sertifikat ini, karena mereka sangat ketat mengatur dan membatasi kandungan bahan kimia berbahaya bagi kesehatan manusia, seperti formalin, mercury, timbal, benzene, serta 72 bahan kimia berbahaya lainnya," kata Arifin saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Jumat (8/3) sore.

Pria berambut gondrong itu menyatakan dengan terbitnya sertifikat tersebut, berarti produk asli buatan Indonesia yang dikembangkan Bio Industries telah memenuhi standar keamanan bahan kimia berbahaya Uni Eropa yang menyebabkan kanker, mutasi gen, gangguan reproduksi, ataupun yang bersifat mengendap tidak bisa dibuang tubuh manusia. Artinya, produk cat atau bahan finishing milik Bio Energies sangat aman digunakan baik untuk interior maupun eksterior, bahkan untuk produk anak-anak atau bayi sekalipun.

"Kami didukung tenaga ahli berpengakaman pada bidang masing-masing. Kami berusaha selalu mendengar dan belajar memahami dan menyelami setiap kebutuhan masing-masing costumers dan memenuhi regulasi negara buyer," papar Arifin.

Berbagai produk cat yang dikeluarkan Bio Energies bakal dipamerkan di ajang The International Furniture and Craft Fair Indonesia (IFFINA) di Hall C No 12, JI Expo Kemayoran, Jakarta, pada 11-14 Maret 2013 mendatang.

Arifin menjelaskan melalui ajang itu, Bio Industries mulai aktif mengedukasi betapa pentingnya penggunaan cat dan bahan coating bagi kesehatan masyarakat. "Selama ini memang yang ditonjolkan produsen cat lain soal kualitas produk dan harga. Sementara dampak kesehatan terabaikan," sebut Arifin mengakhiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement