Senin 18 Feb 2013 08:48 WIB

Semen Indonesia Bangun Pabrik Baru di Rembang

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Djibril Muhammad
PT Semen Indonesia
Foto: Antara
PT Semen Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Semen Indonesia (Persero) membangun pabrik baru dengan kapasitas 3 juta ton semen per tahun di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto menuturkan proses pengadaan lahan 200 hektare dengan kemampuan tambang setara deposit 30 tahun sudah diselesaikan.

"Kini kita tengah memproses tukar-menukar kawasan hutan di Rembang dalam skema pinjam pakai yang mengharuskan Semen Indonesia menyiapkan lahan yang siap dihutankan sebagai ganti dari wilayah hutan yang akan digunakan untuk kepentingan produksi perseroan," jelasnya dalam siara pers, Senin (18/2). 

Ia mengatakan, koordinasi dengan Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM terus dilakukan. Selain lahan, perseroan juga telah melakukan proses pengadaan peralatan utama pabrik baru tersebut.

Sebanyak 85 persen proporsi material pabrik ditunjang oleh peralatan-peralatan yang dihasilkan di dalam negeri (local equipment). 

Konstruksi sipil, pemasangan mesin dan peralatan, serta elektrikal dan instrumentasi dari pabrik ini 100 persen akan dikerjakan oleh kontraktor dalam negeri. Nilai investasi mencapai Rp 3,7 triliun.

"Untuk menjaga keberlanjutan lingkungan, kami akan terus mendorong penggunaan energi alternatif," jelasnya lagi. 

Seperti biomass mulai dari sekam padi, serbuk gergaji, cocopeat, dan limbah tembakau untuk menggantikan sebagian batu bara. Konstruksi pabrik akan dimulai pada kuartal pertama 2013 sampai kuartal pertama 2016. 

Commissioning pabrik ditargetkan pada awal 2016. "Kami targetkan pabrik sudah bisa beroperasi penuh mulai kuartal ketiga 2016," katanya. 

Dengan tambahan pabrik baru ini, Semen Indonesia menargetkan mampu memproduksi 36,5 juta ton semen per tahun pada 2016. Pada 2012, perseroan mampu menjual 22,5 juta ton semen, meningkat 14,7 persen dibanding realisasi penjualan 2011 sebesar 19,6 juta ton. 

Pertumbuhan penjualan Semen Indonesia mampu melampaui rata-rata pertumbuhan industri semen secara nasional yang hanya 14,5 persen. Hingga September 2012, Semen Indonesia membukukan pendapatan Rp 13,677 triliun, meningkat 17,7 persen dibanding periode yang sama di 2011. Laba bersih naik 22,8 persen menjadi Rp 3,38 triliun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement