Jumat 15 Feb 2013 11:16 WIB

Warren Buffett Beli Perusahaan Makanan Heinz

Rep: Nur Aini/ Red: Nidia Zuraya
Warren Buffett
Foto: BBC
Warren Buffett

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Orang kaya Amerika Serikat, Warren Buffet akan membeli perusahaan pengolahan makanan, Heinz. Pembelian tersebut bernilai hingga 28 miliar dolar AS atau sekitar Rp 271 triliun.

Berkshire Hathaway milik Buffett dan perusahaan ekuitas swasta, 3G, sepakat untuk mengambil alih perusahaan pengolahan makanan yang terkenal dengan produk saus dan kacang kalengan tersebut. Heinz menyebut nilai penjualan perusahaan tersebut merupakan yang terbesar dalam industri makanan.

Rencana pembelian itu membuat saham Heinz melonjak hampir 20 persen di New York. Harga saham Heinz mencapai 72,50 dolar AS. Sementara itu, saham Berkshire Hathaway naik 1 persen di harga 149,249 dolar AS.

Pengambilalihan perusahaan tersebut telah disepakati direksi perusahaan. Namun, keputusan itu masih harus minta persetujuan pemegang saham.

"Merk dagang Heinz merupakan salah satu merk yang paling dihormati dalam industri pangan lokal dan transaksi bersejarah ini memberikan nilai yang sangat besar kepada pemegang saham Heinz, " ungkap Presiden Direktur Heinz, William Johnson dikutip BBC, Jumat (15/2).

Perusahaan Heinz didirikan HJ Heinz pada 1869. Penjualan saus tahunan mencapai lebih dari 1,5 miliar dolar AS di 140 negara. Produk pertama Heinz merupakan saus lobak. Penjualan di Inggris mencapai 1,5 juta kaleng kacang setiap hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement