Jumat 15 Feb 2013 03:24 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Prancis 2012 Hanya Nol

Bendera Prancis
Foto: blogspot.com
Bendera Prancis

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Ekonomi Perancis menyusut sebesar 0,3 persen pada kuartal keempat 2012 dan tumbuh nol untuk sepanjang tahun. Demikian data yang ditunjukkan dari lembaga statistik INSEE, Kamis (14/2).

Ini menandai penurunan tajam dari pertumbuhan 1,7 persen pada 2011, dan Menteri Keuangan Pierre Moscovici mengakui bahwa pemerintah sekarang harus memikirkan kembali proyeksi pertumbuhan tahun ini sebesar 0,8 persen.

"Kami mencatat bahwa angka untuk 2012 adalah tidak baik, sekitar nol, dan kita juga tahu bahwa pertumbuhan untuk 2013 harus kembali dipikirkan," katanya kepada Radio Prancis 2.

Ditanya apakah ini berarti bahwa pemerintah harus memperkenalkan langkah-langkah penghematan untuk memenuhi komitmen kepada Uni Eropa mengurangi defisit publik menjadi 3,0 persen dari output (PDB), ia mengatakan pihaknya sudah mengambil tindakan "serius" untuk memperbaiki defisit.

Dia tidak mau "menyalahkan negara terhadap resesi," katanya. "Saya pikir bahwa kita tidak harus menambahkan penghematan kepada kesulitan saat ini."

INSEE juga menerbitkan data yang menunjukkan bahwa ekonomi melepaskan 28.100 pekerjaan di sektor yang didorong pasar pada kuartal keempat tahun ini, sehingga total untuk tahun lalu menjadi 66.800.

sumber : Antara/ AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement