Kamis 31 Jan 2013 13:06 WIB

BNI Unggul dalam Layanan Remitansi dan Pajak

Rep: Nur Aini/ Red: Nidia Zuraya
BNI
Foto: Yogi Ardhi/Republika
BNI

REPUBLIKA.CO.ID,  KUALALUMPUR -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI diakui sebagai bank yang unggul dalam memberikan jasa pembayaran pajak secara online dan jasa remintansi di industri perbankan nasional. Akreditasi ini diberikan oleh Majalah Alpha Southeast Asia, yang menilai penerima penghargaan itu atas dasar hasil jajak pendapat independen mereka pada tahun 2012.

Alpha Southeast Asia menilai Jasa Pembayaran Pajak online atau e-Tax Payment Solutions BNI layak dianugerahi penghargaan Best Cash Management Solution Of The Year In Southeast Asia 2012. Adapun untuk remitansi, BNI sudah empat tahun berturut-turut menjadi yang terbaik dan layak dianugerahi The Best Remittance Provider of the Year in Southeast Asia, yaitu pada tahun 2009, 2010, 2011, dan 2012.

Kedua penghargaan itu diserahkan secara resmi oleh Alpha Southeast Asia kepada BNI di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (31/1). Penghargaan ini diperoleh BNI berdasarkan review secara intensif atas 172 fitur mengenai Cash Management yang ditawarkan lebih dari 47 bank komersial, bank investasi, dan perantara perdagangan di Asia Tenggara.

Pelayanan e-Tax Payment Solution BNI dinilai unggul karena dapat mempersingkat waktu pembayar pajak pada saat menyelesaikan kewajiban pajaknya meskipun dalam volume transaksi yang besar. Untuk nasabah dengan kategori wajib pungut (Migas, Badan Usaha Milik Negara, dan lembaga milik negara), semula dibutuhkan 4-7 hari untuk membayar pajak, sekarang dapat dilayani dalam waktu kurang dari 4 jam.

Pelayanan diberikan menyeluruh, yaitu hingga nasabah mendapatkan SSP (Surat Setoran Pajak), lengkap dengan validasi MPN (Modul Penerimaan

Negara) sebagai bukti bayar dan tanda tangan,  sehingga jauh lebih efisien. Sebagai nilai tambah, fitur ini juga dilengkapi dengan kemudahan nasabah dalam memonitor status transaksi pembayaran pajak dan  penyediaan laporan

”Fitur e-Tax adalah solusi terbaik saat ini yang akan membantu nasabah kami membayar pajak jauh lebih baik, lebih efisien, mudah dan sekaligus meningkatkan pengawasan. Fitur baru ini di resmi diluncurkan pada Juni 2012, dan telah menunjukan pertumbuhan yang mengesankan hingga saat ini, ”  ujar Pemimpin Transactional Banking & Financial Services Division Iwan Kamaruddin dalam keterangan tertulis, Kamis (31/1).

e-Tax Payment Solutions BNI merupakan salah satu dari seluruh produk cash management yang dimiliki BNI. Selain itu, ada fitur-fitur unggulan Cash Management BNI lainnya, antara lain BNIDirect (Internet Banking), Virtual Account, Student Payment Center untuk Perguruan Tinggi Negeri, Corporate Billing, Account Polling dan Supply Chain Management. Fitur e-Tax payment sendiri merupakan fitur terbaru yang diluncurkan pada bulan Juni 2012.

Penghargaan ini dinilai penting karena di Indonesia pembayaran pajak mencapai lebih dari Rp 900 trilliun pada 2011, yang merupakan pendapatan negara terbesar saat ini. BNI sendiri pada 2011 menyalurkan pembayaran pajak secara manual sebesar Rp 95,6 Trilliun. Untuk fitur e-Tax sendiri selama 6 bulan setelah diluncurkan, telah meningkatkan volume pembayaran pajak melebihi 10,000 jumlah SSP dan akan terus meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement