Selasa 29 Jan 2013 11:31 WIB

Dirut BNI Raih Penghargaan CEO Tangguh

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Nidia Zuraya
Dirut Bank BNI Gatot S Suwondo
Dirut Bank BNI Gatot S Suwondo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT BNI (Persero) Tbk, Gatot M Suwondo terpilih sebagai salah satu The Amazing Stars Men’s Obsession’s 9 Tough CEO’s From 2012–2013. Penghargaan dari Majalah Men’s Obsession tersebut disampaikan bersamaan dengan acara HUT Majalah Men’s Obsession ke-9 di Jakarta, Senin (28/1) malam.

Memberikan perlakukan yang layak terhadap karyawan, sebagai kekayaan yang sama berharganya dengan pemilik saham, investor, dan komunitas di sekitar BNI, telah mendorong pengelola majalah Men’s Obsession untuk memilih Gatot.

Memanusiakan karyawan dalam hubungan profesional keseharian telah menjadi salah satu kunci keberhasilan Gatot. "Di BNI ini kuncinya orang. Anda mau pakai GCG (tata kelola yang baik) dan perangkat top, tetapi orangnya //memble//, ya sama saja," ujar Gatot.

Kunci kebijakan tersebut dinilai sukses menjadi bantalan bagi BNI pada saat menghadapi badai krisis keuangan dunia tahun 2007-2008. Badai krisis tersebut datang ketika Gatot baru saja dipilih oleh pemerintah sebagai Direktur Utama BNI.

Di bawah kendali Gatot, BNI mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 24,5 persen pada Triwulan III 2012. Laba bersih meningkat dari Rp 4,1 triliun pada kuartal III 2011 menjadi Rp 5,04 triliun pada kuartal III 2012. Laba itu dipupuk dari pendapatan operasional yang tumbuh 12,1 persen. Itu merupakan hasil dari perbaikan kinerja BNI yang terus dikembangkan, tidak hanya pada layanan perbankan konvensional, seperti kredit, melainkan juga perbaikan kualitas layanan ekstra, seperti cash management hingga trade finance.

 

Peningkatan pendapatan operasional BNI bersumber dari pertumbuhan pendapatan bunga bersih (net interest income/ NII) yang melonjak 19 persen, yakni dari Rp 9,4 triliun pada kuartal III 2011 menjadi Rp 11,2 triliun pada akhir pada kuartal III 2012. Tumbuhnya pendapatan bunga bersih itu merupakan konsekuensi dari pertumbuhan kredit yang secara ekspansif dilakukan BNI. Selamat ya, Pak!.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement