Senin 28 Jan 2013 16:36 WIB

Anak Usaha Indofood Akuisisi Perusahaan Brasil

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya
indofood
indofood

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak usaha PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Indofood Agri Resources Ltd menyatakan akan melakukan akuisisi perusahaan Brasil Companhia Mineira de Acucar e alcool Participacoes atau juga dikenal dengan nama Target Group. Perseroan menyiapkan dana sebesar 71,1 juta dolar AS atau setara Rp 68,8 miliar.

Direktur Indofood Agri Mark Wakeford mengatakan perseroan telah mendirikan entitas anak perusahaan di Singapura bernama IFAR Brazil Pte Ltd. Saham IFAR dimiliki sepenuhnya oleh Indofood Agri. "Selanjutnya IFAR akan mendirikan Indoagri Brazil Participacoes Ltda," ujar Wakeford dalam keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (28/1).

Perseroan berencana akan mengakuisisi 50 persen saham milik Companhia. Perseroan telah melakukan penandatanganan pada 26 Januari 2013. Harga pembelian akan dibayarkan oleh Indoagri Brazil telah disetujui oleh pihak yang bersangkutan.

Perseroan memilih pabrik di Brasil lantaran negeri tersebut merupakan pemimpin dalam produksi gula dan etanol. Negara tersebut juga memiliki beberapa kelebihan yang unik seperti produktivitas, iklim yang sesuai, dan lahan yang luas untuk ekspansi. "Rencana akuisisi ini memungkinkan Grup untuk melakukan ekspansi secara geografis ke dalam industri gula dan etanol di Brasil serta memperkuat diversifikasi model bisnis perkebunan Grup," kata Wakeford.

Target Group didirikan pada 2006 dan bergerak di usaha budidaya dan pengolahan tebu untuk memproduksi etanol dan gula. Saat ini Target Group mengoperasikan satu pabrik di Vale do Tijuco dengan kapasitas penggilingan sebesar 3 juta metrik ton per tahun. Pabrik ini dapat ditingkatkan menjadi 3,8 juta metrik ton per tahun.

Rencana akuisisi ini bukanlah rencana transaksi yang perlu diumumkan berdasarkan ketentuan. Diperkirakan akuisisi tidak berdampak secara aset material pada aset bersih dan laba per saham perseroan untuk tahun buku sekarang.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement