Rabu 19 Dec 2012 11:50 WIB

Waduh.. Pertumbuhan Ekonomi Barat Suram

Rep: Nur Aini/ Red: Setyanadivita Livikacansera
Ekonomi glorbal - ilustrasi
Ekonomi glorbal - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Laporan terbaru Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan pertumbuhan ekonomi di negara-negara barat dalam lima tahun ke depan masih suram. Krisis pengangguran pun diramal berlanjut hingga bertahun-tahun.

Dalam laporan berjudul Situasi Ekonomi Dunia dan Prospek 2012, PBB mengatakan kebijakan ekonomi Eropa dan Amerika Serikat akan memulihkan kondisi lapangan pekerjaan hingga lima tahun. Pengangguran tersebut merupakan sisa dari krisis 2008-2009.

"Memburuknya krisis kawasan euro, masalah jurang fiskal di AS, dan menurunnya ekonomi Cina bisa menyebabkan resesi global yang baru, " ungkap Robert Vos, peneliti dalam laporan tersebut, seperti dikutip PressTV, Rabu (19/12).

Vos merupakan direktur Divisi Pengembangan Kebijakan dan Analisis Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB. "Setiap risiko dapat menyebabkan kergugian global antara satu sampai tiga persen, " lanjutnya.

Laporan PBB tersebut mencatat tingkat pertumbuhan ekonomi global pada 2012 adalah 2,2 persen. Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan mencapai 2,4 persen pada 2013. Kondisi itu diramalkan akan membaik pada 2014 dimana pertumbuhan mencapai 3,2 persen."Laju pertumbuhan ini akan jauh dari cukup untuk mengatasi krisis lapangan pekerjaan lanjutan yang dihadapi banyak negara, " katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement