Ahad 09 Dec 2012 12:26 WIB

Mau Usaha Maju? Yuk Ikut PKBL Pertamina

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: M Irwan Ariefyanto
Salah satu usaha yang diasuh Pertamina dengan program PKBL
Foto: niken paramita w
Salah satu usaha yang diasuh Pertamina dengan program PKBL

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ada berbagai cara untuk meluaskan usaha dan bisnis kita. Salah satunya adalah program-program yang dibuat sejumlah perusahaan untuk memberikan ilmunya kepada kita. Salah satu yang dianggap berhasil dalam program ini adalah Pertamina.

Pada Pertamina Days yang digelar di Parkir Timur Senayan Jakarta dari 7-9 Desember 2012, sebanyak 55 Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) ditampilkan. Ke 55 usaha ini adalah unggulan Pertamina. PKBL merupakan salah satu program tanggung jawab sosial yang dilakukan Pertamina.

Program kemitraan ini ditunjukan kepada masyarakat yang memiliki usaha kecil. PKBL ini memberikan peluang kepada pengusaha kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya. Semua mitra usaha yang tergabung adalah mitra usaha pilihan. Yang memiliki kualitas terbaik yang bisa bergabung dengan PKBL. Ada banyak keuntungan yang diberikan Pertamina dari PKBL ini. Yaitu peminjaman dana dengan bunga yang sangat kecil, pelatihan dalam pengolahan usaha dan promosi usaha.

Salah satu manfaat dirasakan oleh Rizky Danastri, pemilik Kimi Accesories, sebagai mitra PKBL. Rizky mengatakan bahwa program Pertamina ini memberikan pengaruh yang besar bagi usahanya.  Omzet yang dihasilkan lebih besar setelah Ia mengikuti program ini.Menurut Rizky, yang paling utama sebenarnya bukan pinjamanan dananya. Tetapi kesempatan untuk menjadi lebih besarnya.

Bentuk promosi yang dilakukan pertamina adalah dengan mangajak setiap mitra ikut dalam kegiatan yang dilakukan Pertamina. Pertamina menghantarkan mitra usahanya ke berbagai event dan pameran yang diikuti Pertamina. (adv)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement