Rabu 05 Dec 2012 16:37 WIB

Soal Krisis Global, Menko Perekonomian dan Menteri BUMN Beda Pandangan

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Djibril Muhammad
Hatta Rajasa
Foto: Agung Fatma Putra
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Meski perekonomian dunia tengah dililit badai krisis, optimiste terus membuncah terkait perekonomian Indonesia. Meski belum berpengaruh secara signifikan terhadap perekonomian Indonesia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku yakin perekonomian Indonesia pada 2013 mendatang akan lebih baik dibandingkan tahun ini.

Mantan Dirut PT PLN ini bahkan memprediksi jika kondisi perekonomian global tidak akan merambah ke Indonesia, alias tidak akan menggangu perekonomian nasional. "Indonesia akan terus melejit tahun depan," kata Dahlan dalam seminar 'Geliat Indonesia 2013 bertajuk Meraih Kesempatan dan Mewaspadai Risiko' di Wisma Antara, Jakarta, Rabu (5/12).

Jika keyakinan dirasakan Dahlan, kondisi sebaliknya diperlihatkan Menteri Koordinator (Menko) Hatta Rajasa. Ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini justru mewaspadai kondisi perekonomian global yang belum menentua atau menunjukkan kata akhir.

Kendati demikian, Hatta mengaku tetap yakin jika perekonomian Indonesia akan terus tumbuh. Apalagi, lanjut dia, pertumbuhan tersebut disumbangkan dari sektor investasi dan konsumsi domestik.

Ia menjelaskan, dengan asumsi pertumbuhan ekonomi 2013 sebesar 6,8 persen (3,3 persen di antaranya disumbangkan oleh investasi), Hatta berharap kondisi dalam negeri tetap kondusif.  "Ini challenge kita," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement