Senin 12 Nov 2012 18:53 WIB

Mendag tak Yakin Ekspor 2012 Samai Tahun Lalu

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Ikan tuna beku untuk komoditi ekspor
Foto: ANTARA
Ikan tuna beku untuk komoditi ekspor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Perdagangan Gita Wirjawan tak yakin target ekspor 203 miliar dolar pada tahun ini bisa teercapai. Menurut dia, realisasi ekspor hingga akhir tahun hanya mencapai 190-200 miliar dolar.

Perkiraan realisasi ini lebih rendah 5-7 persen dari target. Hingga akhir tahun ini, ia perkirakan surplus perdagangan bisa mencapai 2 miliar dolar.

Neraca perdagangan Indonesia dari bulan Januari hingga September sudah surplus 1,1 miliar dolar. Target ekspor Indonesia di tahun 2012 merupakan jumlah yang sama dengan realisasi ekspor tahun 2011.

Jika tahun 2013 ekspor Indonesia masih bisa menyamai kinerja ekspor pada tahun ini, imbuhnya, sudah cukup menggembirakan.

"Kalau bicara target, kita tunggu akhir tahun. Di akhir tahun, saya bisa  mengambil sikap dan pandangan mengenai 2013 akan seperti apa," kata Gita, Senin (12/11).

Gita mengatakan Indonesia harus mengkaji kejadian di berbagai negara untuk memotret gambaran ekspor Indonesia. Ia mencontohkan pengingkatan ekspor yang dialami oleh Cina. Ekspor Cina pada Oktober, kata Gita meningkat 11 persen. Ia berharap peningkatan ekspor ini bukan gejala sesaat, namun bisa menjadi gambaran perbaikan ekonomi dunia.

"Apalagi kalau itu didampingi dengan pemulihan ekonomi di Eropa. Jadi, kita bisa beraspirasi untuk ekspor kita bisa meningkat pada tahun depan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement