Jumat 02 Nov 2012 09:03 WIB

Meski AS Dilanda Sandy, Penjualan Otomotif Menguat

GM dan Ford
GM dan Ford

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO--Chrysler dan Toyota membukukan kenaikan penjualan dua digit pada Oktober Sementara hasil saingannya, Ford, tidak berubah dari setahun lalu dan GM mencatat pertumbuhan moderat karena Badai Sandy menekan penjualannya.

Ford memperkirakan bahwa badai mematikan itu menghalangi para dealer di seluruh industri menjual sekitar 20.000 sampai 25.000 kendaraan pada hari-hari terakhir Oktober.

Namun Ford meyakini penjualan itu  kemungkinan hanya akan ditunda, tidak hilang dan akan naik lebih jauh karena orang-orang mengganti kendaraan mereka yang rusak akibat badai, kata kepala penjualan Ford, Ken Czubay.

"Saya perkirakan kita akan melihat banyak dari mereka pada November karena orang dengan cepat harus kembali ke pijakan mereka," kata Czubay dalam sebuah konferensi melalui telepon.

Produsen mobil terbesar kedua AS itu, memperkirakan total penjualan mobil akan datang pada penyesuaian musiman laju tahunan sekitar 14,7 juta kendaraan setelah semua produsen mobil melaporkan hasil Oktober.

"Fundamental ekonomi sedang menunjukkan pertumbuhan ekonomi moderat dengan tanda-tanda pemulihan di sektor perumahan yang lebih baik ke depan," kata ekonom Ford Jenny Lin dalam konferensi tersebut.

Itu kabar baik bagi industri otomotif, kepala penjualan GM Kurt McNeil mengatakan.

"Tahun ke tahun, tingkat penjualan kendaraan yang tipis telah meningkat selama delapan kuartal berturut-turut tanpa penarik dari sektor perumahan, tapi itu mulai berubah," kata McNeil.

"Jika tren ini terus berlanjut, perumahan mungkin bagian akhir dari teka-teki yang mengangkat penjualan di atas 15 juta unit secara tahunan sehingga GM mempersiapkan untuk meluncurkan lebih banyak mobil-mobil baru, crossover dan truk."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement