Ahad 09 Sep 2012 09:40 WIB

Putin Akan Sampaikan Hasil KTT APEC 2012

Vladimir Putin membuka KTT APEC di Vladivostok, Sabtu (8/9/2012)
Foto: POOL EPA/MAXIM SHIPENKOV
Vladimir Putin membuka KTT APEC di Vladivostok, Sabtu (8/9/2012)

REPUBLIKA.CO.ID, VLADIVOSTOK - Presien Rusia, Vladimir Putin, dijadwalkan menyampaikan keterangan pers mengenai hasil-hasil capaian KTT APEC ke-21 yang berlangsung di Russky Island, Vladivostok, Rusia. Putin akan menyampaikannya usai acara penutupan KTT yang diikuti oleh 20 pimpinan negara Asia Pasifik dan perwakilan Taiwan pada Minggu sore waktu setempat sekitar pukul 15:00 atau pukul 19:00 WIB.

KTT APEC ke-21 mengusung lima tema utama yaitu liberalisasi perdagangan dan investasi, integrasi ekonomi regional, penguatan keamanan pangan, menciptakan jalur lalu lintas barang dan mendorong peningkatan kerjasama yang menghasikan pertumbuhan ekonomi inovatif.

Saat menyampaikan pidato pengantar pada sesi pertemuan pemimpin negara anggota APEC di hari pertama pada Sabtu (8/9) lalu, Putin menyatakan topik yang dipilih dalam pembahasan di KTT APEC kali ini dipandang relevan dengan tantangan ekonomi yang dihadapi negara-negara anggota APEC.

"Topik yang dibicarakan ini sangat relevan dengan kita. Ini khususnya dalam kondisi ekonomi yang sulit saat ini,'' katanya. ''Kita saat ini hanya bisa terpaku melihat hasil negatif yang terjadi dalam perdagangan, jasa dan peningkatan modal yang sudah dilakukan. Ini penting untuk mengikuti prinsip fundamental integrasi ekonomi agar keluar dari masalah ini."

Putin mengatakan Rusia mendukung upaya-upaya menghilangkan hambatan perdagangan yang justru memberikan dampak negatif pada pola perdagangan. Tujuan utama APEC adalah bergabung dalam upaya mengurangi proteksionis tradisional. Liberalisasi bisa difasilitasi dengan transparansi kesepakatan perdagangan bebas baik bilateral maupun multilateral.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement