Selasa 17 Jul 2012 19:12 WIB

160 UMKM di Bogor Diajari Bisnis Ritel

 Solihin, Corporate Affair Director Alfamart. bersalaman dengan salah satu peserta UKMK di Bogor, Senin (9/7)
Foto: alfamart
Solihin, Corporate Affair Director Alfamart. bersalaman dengan salah satu peserta UKMK di Bogor, Senin (9/7)

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Sedikitnya 160 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pedagang ritel se-Kabupaten Bogor, melakukan pelatihan yang diadakan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart). 

Pelatihan ini digelar Senin (9/7) dan dibuka Bupati Bogor, Rachmat Yasin. Pelatihan yang digelar untuk membangkitkan UMKM dan pengelolaan bisnis ritel ini bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor. 

Materi yang diberikan adalah penataan display barang, manajemen keuangan, mengelola persediaan barang dan uang hingga bagaimana memberikan pelayanan kepada konsumen. “Target yang kami harapkan setelah mendapat pelatihan ini, para pelaku UMKM dan pedagang kecil bisa memperbaiki roda usahanya,” kata Solihin, Corporate Affair Director Alfamart. 

Menurut Solihin saat memberikan pelatihan, dengan memperbaiki pola usahanya, pedagang kecil bisa berkembang lebih baik. Serta, mendorong mereka dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat “Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pencerahan sekaligus wawasan kepada pelaku UMKM. Sehingga, mereka bisa mengelola bisnis ritel secara mandiri,” katanya.

Senior Corporate Communication Manager Alfamart, Choirullah mengatakan dalam pelatihan UMKM  juga menyosialisasikan program Sales Store Point (SSP) Alfamart. SSP adalah bentuk kepedulian perusahaan Alfamart pada pedagang kecil di sekitar toko. Dengan kata lain, Alfamart siap melayani kulakan pedagang di sekitar toko dengan harga sangat murah. “SSP, memberikan keuntungan besar bagi pedagang kecil disekitar Alfamart. Ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap mereka,” katanya. 

Ia menambahkan, pedagang yang kulakan di Alfamart bahkan bisa menjual dengan harga sama seperti harga Alfamart.  Pelatihan UMKM ini, salah satu merupakan program Corporate Sosial Responsibility (CSR) yang dimiliki Alfamart Sahabat Indonesia (ASI). Ada enam poin program dari Alfamart. Diantaranya yakni, Alfamart Care untuk sosial, Alfamart Smart untuk pendidikan, Alfamart Sport untuk olahraga. Alfamart Clean and Green untuk lingkungan, maupun Alfamart Vaganza untuk dunia seni dan budaya. (adv)

sumber : alfamart
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement