Ahad 01 Jul 2012 09:42 WIB

Pertamina Luncurkan BBM Khusus Balapan

Pertamina
Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- PT Pertamina (Persero) meluncurkan produk bahan bakar khusus untuk kendaraan balapan pertamax racing. Peluncuran itu dilakukan di arena sirkuit seri ke-3 Indonesia Forum Otomotif Motor Sport, Kompleks Dekranasda Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, kemarin.

Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution PT Pertamina, Djoko Prasetyo, menjelaskan bahwa produk itu diluncurkan untuk memenuhi permintaan bahan bakar balapan (racing) di wilayah Sumatra dan Jawa yang sementara ini masih dipenuhi oleh produk impor berupa avgas. BUMN migas ini menyikapi kebutuhan 11 juta kiloliter bahan bakar balap berdasarkan data dari Ikatan Motor Indonesia.

"Setelah melakukan penelitian dan uji kelayakan selama beberapa tahun, akhirnya PT Pertamina meluncurkan produk pertamax racing untuk memperluas pasar ke sektor balapan," ujar dia.

Bahan bakar itu telah didistribusikan di Pulau Jawa sejak Desember 2010, dan pada tahun 2012 memperluas jangkauan ke Sumatera. "Palembang dipilih sebagai pintu pembuka pasar wilayah Sumatera, karena frekuensi penyelenggaraan balapan relatif tinggi dibandingkan kota-kota lain," ujar dia lagi.

Selain itu, kedekatan dengan pasokan membuat Kota Palembang menjadi target utama pemasaran produk pertamax racing itu. "Masyarakat Palembang patut berbangga karena pertamax ini diciptakan di Pertamina Refinery Unit III kawasan Plaju yang menjadi satu-satunya bahan bakar balapan produksi dalam negeri," kata dia lagi.

Produk itu mengacu pada spesifikasi Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi dan sesuai dengan standar internasional, yakni Federation International Motor (FIM) dan Federation International Automobile (FIA), sehingga berpeluang untuk diekspor.

"Pada tahun ini Pertamina akan menguji pasar terlebih dahulu, dan jika menjanjikan bukan tidak mungkin akan dijual ke luar negeri," ujar Djoko lagi.

Pimpinan Pemasaran PT Pertamina bagian bahan bakar non-PSO, Waljiyanto mengatakan, perusahaan migas nasional ini telah menunjuk dua distributor resmi untuk memasarkan bahan bakar untuk kendaraan balapan tersebut. "Pertamax racing diluncurkan dengan paket penjualan 20 liter yang harganya Rp 1,3 juta," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement