Ahad 17 Jun 2012 08:26 WIB

PM India Desak Eropa Segera Selesaikan Krisis Keuangan

Manmohan Singh
Foto: greencitizens.net
Manmohan Singh

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Perdana Menteri India, Manmohan Singh, mendesak para pemimpin Eropa mengambil tindakan tegas guna mengatasi krisis keuangan di zona euro. Singh melontarkan desakannya saat berangkat menghadiri KTT G20 di Meksiko pada Sabtu.

Singh menggambarkan situasi di Eropa sebagai salah satu perhatian khusus untuk India. Situasi dimana ekonomi tumbuh hanya 5,3 persen pada periode Januari-Maret. Ekspansi triwulanan yang paling lambat dalam sembilan tahun.

"Masalah di sana (Eropa) lebih lanjut akan meredam pasar global dan berdampak negatif pada pertumbuhan ekonomi kita sendiri," katanya. "Ini merupakan harapan kami bahwa para pemimpin Eropa akan mengambil tindakan tegas untuk menyelesaikan masalah keuangan mereka.''

Singh dan Menteri Keuangan, Pranab Mukherjee, menyalahkan krisis utang zona euro sebagai penyebab ketegangan ekonomi India. Dia mengatakan bahwa perlambatan global telah meninggalkan India dengan sedikit ruang untuk bermanuver.

Pemerintah Singh juga di bawah tekanan untuk mengendalikan subsidi dan pengeluaran lainnya. Ini setelah defisit anggaran melebar menjadi 5,75 persen dari produk domestik bruto di tahun fiskal yang berakhir 31 Maret.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement