Kamis 24 May 2012 12:58 WIB

Pemerintah Pasang Target Peningkatan 15 Persen Produksi Udang

Rep: Gita Amanda/ Red: Hazliansyah
Udang
Udang

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP) menargetkan peningkatan produksi udang sebesar 15 persen dari tahun lalu. KKP berencana memfokuskan produksi udang untuk komoditas ekspor unggulan Indonesia ke depannya.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sharif Cicip Sutardjo mengatakan, tahun ini pemerintah berencana akan menaikan produksi udang. Pada tahun lalu produksi udang di Indonesia sebesar 460 ribu ton, rencanaya tahun ini akan ditingkatkan hingga 529 ton. Menurut Cicip, tahun ini KKP akan memprioritaskan komoditas unggulannya pada produksi udang.

"Saya memilih untuk tidak mengimpor udang, namun saya memilih untuk memngembangkan produksi udang, " ujar Cicip dalam Forum Udang Nasional di Convention Center Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor, Kamis (24/5).

Cicip menambahkan, untuk mendukung program peningkatan produksi udang tersebut ia akan segera melakukan revitalisasi tambak. Dengan perbaikan infrastruktur pertambakan tersebut, diharapkan dapat mengoptimalkan produksi udang.

Dirjen Perikanan Budidaya Slamet Subiakto menambahkan, saat ini nilai ekspor udang Indonesia pada tahun lalu meningkat sebesar 1,3 miliar dolar AS. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2010 yang hanya sebesar 1,1 miliar dolar. Sementara itu total capaian volume ekspor udang pada 2011 sebesar 158 ribu ton.

Slamet mengatakan, selama ini ekspor udang Indonesia telah merambah ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa. Basis produksi udang di Indonesia pada 2011 menurutnya, banyak diproduksi di Pulau Jawa. Sebesar 116 ribu ton udang di produksi di Pulau Jawa, itu berarti 31 persen dari produksi udang nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement