Selasa 24 Apr 2012 15:23 WIB

Pirelli Segera Bangun Pabrik Pertama di Indonesia

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Pirelli
Foto: mibz.com
Pirelli

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA ? Menggandeng Astra Otopart, perusahaan ban asal Italia, Pirelli, mengembangkan pabrik di Indonesia. Pabrik pertama yang akan dibangun pada kuartal keempat tahun ini akan memproduksi ban sepeda motor konvensional.

Perjanjian kerjasama ditandatangani Selasa (24/4) oleh menteri luar negeri Italia Giulio Terzi, menteri perindustrian Indonesia MS Hidayat, menteri perdagangan Indonesia Gita Wirjawan dan duta besar Italia untuk Indonesia Federico Failla.

Komposisinhya, Pirelli memegang 60 persen saham mayoritas, sisanya diimiliki Astra Otopart Bangunan pabrik akan berdiri di atas ahan seluas 25 hektar uang sudah disiapkan di sekitar Jabodetabek. Berdasar jadwal, pabrik beroperasi penuh pada 2016.

Direktur Astra Otopart Bobby Sani menuturkan pada tahun 2014 produksi ban nasional mencapai dua juta unit. Saat sudah beroperasi penuh, produksi ban bisa mencapai tujuh juta unit.

Soal merek? "Tiga juta dijual dengan merek Aspira, empat jutanya akan dijual dengan merek yang dimiliki Pirelli," ujar Bobby kepada wartawan usai penandatanganan MoU. Empat juta ban dengan merek Pirelli ini akan dialokasikan untuk pasar ekspor. Sisanya, akan dialokasikan untuk di dalam negeri.

Bobby mengungkapkan semua bahan baku pembuatan ban berasal dari dalam negeri. Semua biaya ekspor ke pasar ASEAN akan dibebaskan dari semua tanggungan pajak.

Pirelli tertarik membangun pabrik di Indonesia untuk meningkatkan eksistensi pasar ban di ASEAN. Negara-negara di asia tenggara merupakan pasar terbesar dunia dengan populasi sepeda motor hingga 250 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement