Ahad 01 Apr 2012 15:54 WIB

Pertamina Kucurkan 1 Triliun untuk Usaha Kecil

Rep: sefti oktariana/ Red: M Irwan Ariefyanto
Pertamina
Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT Pertamina mengucurkan dana program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) sebesar Rp 1 triliun. Dana tersebut digelontorkan BUMN itu untuk membangun usaha kecil di Tanah Air

''Program PKBL Pertamina ini diambil dari keuntungan bersih perusahaannya,'' kata Presiden Komisaris Pertamina, Sugiharto dalam Agrinex Expo 2012, Sabtu (31/3). Untuk program binaan, Pertamina mengkhususkan diri membangun usaha dengan nilai Rp 200 juta.

Sedangkan untuk bina lingkungan, perusahaan plat merah itu fokus membangun usaha kecil di bawah Rp 200 juta. "Kami harap dengan ini akan semakin banyak usaha kecil dan mikro yang bisa berkembang," ujarnya.

PKBL sebagian besar bergerak dalam bidang agribisnis. Pasalnya, mayoritas penduduk Indonesia, 70 persennya bekerja di bidang pertanian. Bukan hanya sektor hulu tapi juga sektor hilir.

Program ini merupakan program wajib bagi perusahaan BUMN. Tahun ini ada sekitar 14 triliun untuk seluruh BUMN. Mitra binaan yang saat ini dibantu oleh Pertamina melalui program PKBL berjumlah 46.717 usaha kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement