Rabu 14 Mar 2012 16:56 WIB

Hatta: Bahan Pokok tak Ada yang Naik,Kecuali Cabai

Rep: Esthi Maharani/ Red: Hafidz Muftisany
Hatta Radjasa
Foto: Antara
Hatta Radjasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa tidak percaya jika harga bahan pokok banyak yang melonjak. Menurutnya, justru terjadi deflasi bahan pokok. Terutama beras. “Saya beru saja rapat koordinasi pangan, beras turun,” katanya saat ditemui di kantor Presiden, Rabu (14/3).

Menurutnya, harga beras kemungkinan akan terus menurun pada hari-hari ke depan karena sudah memasuki musim panen raya. “Beras turun walaupun baru mencapai 1 persen dan tendensi turun semakin banyak di tanah air dan ini sangat terbalik jika dibandingkan 2-3 bulan lalu,” katanya.

Tetapi, ia mengakui ada bahan pangan yang mengalami pelonjakan harga, yakni cabai. “Cabai itu naik sampai 25 persen. Itu yang tertinggi,” katanya. Ia masih menyakini meroketnya harga cabai lebih karena pasokan dan distribusi yang terganggu, bukan karena kenaikan harga BBM.

Menurutnya, tidak mungkin orang menimbun bahan pangan karena mereka pasti melakukan perhitungan ekonomis. Pihaknya mengaku serius menjaga stabilitas harga pangan. Kalaupun ada kenaikan bahan pangan, ia menyatakan hanya terjadi dibeberapa titik saja dan lagi-lagi ditegaskan bukan karena jelang kenaikan harga BBM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement