REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Semangat kewirausahaan anak muda Indonesia yang tumbuh semakin kreatif, menginspirasi Bank HSBC meluncurkan program HSBC Young Entrepreneur 2012.
Program wirausaha untuk anak muda ini mengajak para mahasiswa Indonesia untuk bergabung dalam pelatihan dan membangun jaringan bisnis.
"Kami ingin fokus mendorong anak muda Indonesia berwirausaha untuk memperkuat ekonomi bangsa," ujar Head of Communications & Corporate Suistainability HSBC Indonesia, Maya Rizano, Sabtu (3/3).
Program ini diharapkan menjadi pemicu para mahasiswa sebagai pencipta lapangan kerja, bukan pencari kerja. Ditargetkan 200 mahasiswa akan ikut serta dalam program HSBC Young Entrepreneur Challenge 2012, yang untuk pertama kalinya ini.
Program ini akan dilaksanakan dalam bentuk workshop dari pakar entrepreneur, kemudian akan dilanjutkan dengan business plan yang akan dinilai lima terbaik. Kemudian diambil tiga terbaik untuk mendapatkan penghargaan dan bantuan Rp 50 juta, dan diikutsertakan dalam global young entrepreneur challenge di Hong Kong.
Deputi Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang Sumber Daya Manusia, Agus Muharram, menyambut baik program wirausahawan muda HSBC ini. "Program seperti ini dan berbagai program wirausahawan lain, membantu pemerintah menciptakan dua persen wirausaha muda pada 2014 mendatang," ujarnya.
Indonesia saat ini masih cukup tertinggal dalam persentase wirausahawan. Dari total penduduk Indonesia hanya 1,56 persen yang memilih menjadi wirausahawan. Masih rendah bila dibandingkan dengan Malaysia sebesar lima persen dan Singapura sebesar tujuh persen dari total penduduk.