Senin 27 Feb 2012 16:12 WIB

Penghargaan untuk Pengusaha Ritel

Rep: andriyanto/ Red: M Irwan Ariefyanto
Ritel modern
Ritel modern

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kalangan pengusaha ritel Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) diminta untuk memberikan penghargaan bagi pengelolaan pasar modern maupun rakyat yang memenuhi kriteria pasar modern.

Pemberian penghargaan itu sebagai bentuk motivasi bagi pengelola pasar agar mereka lebih peduli kepada konsumen dan lingkungan.  Imbauan itu disampaikan Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamukti.

Menurutnya, ada lima kriteria yang harus dipenuhi untuk sebuah pasar modern. kelima kriteria itu adalah tertib aturan yang berlaku, nyaman dan ramah bagi konsumen, mempromosikan produk lokal, menghormati nilai budaya atau sejarah serta ramah lingkungan termasuk didalamnya hemat energi. "Kalau kelima kriteria ini terpenuhi, sales pasti naik,' katanya.

Konsumen saat ini terus menuntut kenyamanan dan keragaman. Kalau mereka tidak dapat memperolehnya di Indonesia, mereka akan pergi ke negara lain. Masalah ini bila dibiarkan terus akan meluas hingga ke persoalan budaya. Ini sudah terlihat dari menjamurnya sejumlah rumah makan asing, yang menyajikan makanan seperti tom yam, atau fried chicken dibanding makanan lokal.  Karena itu bisnis ritel harus bergerak dengan melibatkan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement