Ahad 19 Feb 2012 16:11 WIB

BSM Raih Penghargaan The Best Islamic Bank

Rep: nuraini/ Red: M Irwan Ariefyanto
BSM, ilustrasi
Foto: Musiron/Republika
BSM, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Bank Syariah Mandiri (BSM) memperoleh penghargaan The Best Islamic Bank in Indonesia 2011 dari Islamic Finance News. Penyerahan penghargaan dilakukan di Kuala Lumpur Malaysia, 15 Februari 2012.

Komisaris Utama BSM Bpk Achmad Marzuki, Direktur Utama BSM Yuslam Fauzi dan Direktur BSM Hanawijaya rencananya akan menghadiri malam penghargaan tersebut.

Penilaian The Best Islamic bank dilakukan Islamic Finance News berdasar polling yang dilakukan pada bulan Desember 2011. Polling dilakukan secara internasional dengan setiap voter menggunakan email korporat di mana satu orang hanya boleh mengirimkan satu suara.

BSM memiliki produk Tabungan haji  dengan nama Tabungan Mabrur. Tabungan Mabrur merupakan salah satu produk unggulan. Tabungan haji BSM (Tabungan Mabrur) memperlihatkan pertumbuhan positif. Pada 2009, jumlah penabung haji di BSM yang memperoleh porsi haji berjumlah 208,458, naik menjadi 346,623 pada 2010, dan naik lagi menjadi 536,603 pada 2011.

Pada 2011, dari lima bank terbesar tempat jamaah haji reguler menyetorkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), BSM mengambil porsi sekitar 37,7 persen atau total 188.130 jamaah. BSM berharap dapat terus meningkatkan fasilitas penyetoran biaya penyelenggaraan haji Indonesia dan dapat melayani jamaah dengan sebaik-baiknya. BSM juga berharap Tabungan Haji menjadi pintu untuk jamaah mengenal dan lebih dekat dengan produk dan layanan BSM lainnya.

Hadir sejak 1 November 1999, BSM kini memiliki 669 outlet terdiri dari 125 Kantor Cabang, 406 Kantor Cabang Pembantu (KCP), 38 Kantor Kas, 15 Konter Layanan Syariah, dan 85 Payment Point. BSM dilengkapi layanan berbasis e-channel seperti BSM Mobile Banking GPRS dan BSM Netbanking serta fasilitas ATM yang terkoneksi dengan bank induk.

Dari sisi kinerja keuangan unaudited per Desember 2011, aset BSM mencapai Rp 48,83 triliun, dengan komposisi Dana Pihak Ketiga Rp42,62 triliun, dan Pembiayaan Rp36,6 triliun. Sebagian besar pembiayaan atau 72,74 persen terdistribusikan ke segmen nonkorporasi.

Penghargaan The Best Islamic Bank in Indonesia melengkapi penghargaan serupa yang BSM peroleh dari The Asset of Hong Kong dan AsiaMoney. Pada akhir tahun 2011, BSM juga memperoleh penghargaan berupa peningkatan rating dari AA (idn) menjadi AA+ dari Fitch Ratings. Direktur Utama BSM Yuslam Fauzi mengatakan berterima kasih atas pengakuan dunia internasional terhadap BSM. “Semoga dengan pengakuan dunia internasional, BSM bisa menjadi bank syariah kebanggaan bangsa Indonesia dan mewujudkan Indonesia yang lebih baik.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement