Kamis 21 Apr 2011 14:26 WIB

BI Segera Tuntaskan Audit Wealth Management Perbankan

Bank Indonesia
Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Audit terhadap bank yang memberikan pelayanan wealth management ke nasabah segera diselesaikan Bank Indonesia (BI). Audit dilakukan terhadap 21 bank komersial dan satu bank syariah.

"Audit dilakukan sebagai bahan evaluasi pelayanan wealth management dikaitkan dengan SOP, manajemen risiko, internal control, dan pengelolaan human capital yang mengacu aturan BI, khususnya aturan kehati-hatian dan governance dalam melindungi nasabah dan mitigasi risiko," ungkap Kepala Biro Humas BI, Difi A Johansyah, Kamis (21/4).

Wealth management adalah pengelolaan dana nasabah oleh bank baik untuk deposito yang ditawarkan bank maupun untuk investasi produk non-bank seperti reksadana dan bancassurance. Bank wajib mengikat kerjasama dengan manajer investasi yg mengelola produk reksadana dan bancassurance.  Bentuk kerjasama antara bank dgn manajer investasi ini termasuk dalam obyek pemeriksaan BI dalam audit wealth management. Ini untuk memastikan risiko produk tersebut tetap ada di manager investasi reksadana dan bancassurance.  Peran bank hanya sebagai channeling agent.

"Selama ini kita lihat pelaksanaan private banking priority banking dan wealth management itu masih berbaur antara satu dengan yang lain. Kita perlu membuat kejelasan pelayanan produk ini agar pengawasan lebih baik," tegas Difi.

sumber : Siaran Pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement