Senin 31 Jan 2011 21:05 WIB

Moody's Turunkan Peringkat Utang Mesir

REPUBLIKA.CO.ID,PARIS--Lembaga pemeringkat Moody's, Senin mengatakan, pihaknya telah menurunkan peringkat utang Mesir satu tingkat menjadi "Ba2", dan mengubah prospek (outlook) negara bermasalah itu menjadi negatif dari stabil. Moody's menjelaskan dalam sebuah pernyataannya bahwa keputusan itu dipicu oleh "kenaikan signifikan dalam risiko peristiwa politik terbaru," di negeri ini, dan memperingatkan bahwa penurunan peringkat lebih lanjut sebuah kemungkinan "dalam jangka menengah".

Lembaga pemeringkat menambahkan bahwa pihaknya mengkhawatirkan tentang "tantangan politik dan sosio-ekonomi mendalam. Hal ini termasuk pengangguran tingkat tinggi kronis, inflasi tinggi dan kemiskinan meluas. Ini, bersama-sama dengan keinginan untuk perubahan politik, telah memicu frustrasi populer."

Moody's memperingatkan bahwa pihaknya akan "menurunkan peringkat utang negara Mesir lagi jika ada eskalasi besar volatilitas politik, penurunan fiskal besar, atau bukti kerusakan ekonomi terbaru." Moody's juga menurunkan peringkat batas tertinggi negara itu untuk obligasi dalam mata uang asing menjadi Baa3 dari Baa2 dan batas tertinggi untuk deposito bank dalam mata uang asing menjadi Ba3 dari Ba2.

Langkah ini akibat dari "ketegangan politik yang meningkat di negara tersebut menyusul pemberontakan di Tunisia baru-baru ini, dengan protes anti-pemerintah skala besar yang terjadi setiap hari. Pengunjuk rasa Mesir pada Senin (31/1) menyerukan pemogokan umum dan "pawai satu juta orang" pada Selasa besok (1/2) di Kairo, meningkatkan tawaran mereka untuk menggulingkan rezim Presiden Hosni Mubarak.

Menurut Moody's, ada "kemungkinan kuat bahwa kebijakan fiskal akan mengendurkan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mengatasi ketidakpuasan." Mengingat tekanan inflasi meningkat setiap langkah untuk meningkatkan anggaran pengeluaran untuk upah dan subsidi akan menimbulkan masalah baru.

"Keuangan publik di Mesir sudah menegangkan," badan menunjuk dalam pernyataannya. Namun menambahkan bahwa pihaknya siap untuk memindahkan prospek peringkat kembali ke stabil "dalam hal ketegangan politik dan risiko fiskal dan ekonomi yang menyertai berkurang."

sumber : antara/afp
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement