Kamis 23 Dec 2010 18:53 WIB

IMF Setujui Pinjaman Baru 1,5 Miliar Dolar Untuk Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON--Dana Moneter Internasional pada Rabu menyetujui pinjaman tahap kedua 1,5 miliar dolar dari paket bantuan besar-besaran untuk Ukraina. IMF memuji kebijakan pemerintah Ukraina untuk menarik ekonomi keluar dari salah satu resesi paling parah di dunia yang disebabkan oleh krisis ekonomi global.

IMF mengatakan bahwa setelah berhasil menyelesaikan kajian pertama kinerja ekonomi Ukraina, segera akan mengucurkan 1,5 miliar dolar (1.2 miliar euro) dalam pinjaman ke Kiev. "Kinerja Ukraina yang memuaskan di bawah program ekonomi yang didukung oleh Stand-By Arrangement, bersama dengan komitmen kebijakan yang kuat untuk tahun mendatang, mendukung pemulihan mantap dalam keyakinan dan aktivitas ekonomi secara luas," kata John Lipsky, pemangku jabatan ketua dewan eksekutif IMF.

IMF pada Juli mengumumkan akan memberikan pinjaman senilai 15,15 miliar dolar kepada Ukraina selama dua setengah tahun berikutnya dalam upaya membantu negara itu keluar dari krisis.

Sekitar 1,9 miliar dolar kredit dibuat segera tersedia dengan pembayaran berikutnya dikenakan tinjauan triwulanan.

Pemerintahan Presiden Viktor Yanukovych meningkatkan hubungan dengan IMF sebagai prioritas setelah pencairan paket pinjaman sebelumnya terhambat oleh ketidakstabilan politik di pemerintahan sebelumnya. Negara ini telah memulai program sulit langkah-langkah penghematan dan reformasi struktural yang merupakan kondisi dari paket pinjaman siaga.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement