Sabtu 11 Dec 2010 08:11 WIB

Disodori Rp135 T, Facebook Tetap Ogah Diakuisisi Microsoft

Pendiri Mark Zuckerberg dan facebook places
Foto: cnet.com
Pendiri Mark Zuckerberg dan facebook places

REPUBLIKA.CO.ID, Microsoft telah mengonfirmasi bahwa perusahaan itu berupaya membeli Facebook senilai 15 milyar dolar. Berbicara dalam konferensi Le Web di Paris, Direktur Strategi dan Akuisisi Microsoft, Fritz Laman, menjawab pertanyaan dari pembawa acara, Loic Le Meur dengan berkata, "Ya kami mencoba mengakusisi Facebook. Facebook memiliki banyak persamaan dengan Microsoft di saat awal."

Pernyataan itu pun menjawab rumor beredar yang pertama kali dilaporkan detail dala buku Dvadi Kirkpatrick, "The Facebook Effect". Di atas panggung saat itu juga, Lanman berspekulasi bahwa nilai Facebook di masa depan dapat meningkat setinggi Microsoft.

Pendiri Facebook, Mark Zuckerbeg memang menolak tawaran Steve Balmer yang berniat membeli jejaring sosial itu senilai 15  milyar dolar (Rp135,25 triliunan) pada 2007. Alih-alih, Microsoft menginvestasikan 240 juta dolar untuk 'taruhan' kecil dan dua perusahaan itu kini bekerja sama dalam partner pencarian.

Dalam The Facebook Effect, Kirkpatrick menulis bahwa Balmer bertanya kepada Zuckerberg, "Mengapa tidak kami beli kamu seharga 15 juta dolar?". Zuckerberg pun membalas, "Saya tak ingin menjual perusahaan ini kecuali saya tak bisa mengontrol,"

Lanjut Kirkpatrick, "Balmer pun menganggap jawaban balasan itu seperti tantangan. Ia pun kembali ke markas Microsoft dan mereka-reka rencana baru untuk mengakusisi Facebook setelah berjarak satu tahun dari penawaran pertama. Harapan Balmer, agar Zuckerberg tetap mengingat tembakannnya. Namun Zuckerberg menolak semua tawaran."

sumber : Telegraph
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement