Rabu 20 Oct 2010 19:07 WIB

Intel Investasi 8 Miliar Dolar di Pabrik Chip AS

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK--Intel Corp pada Selasa mengumumkan rencana untuk menginvestasikan hingga delapan miliar dolar dalam fasilitas manufaktur di Amerika Serikat untuk memproduksi chip komputer generasi berikutnya. Intel, pembuat mikroprosesor terbesar di dunia, mengatakan investasi beberapa tahun berikutnya akan mendanai penyebaran proses manufaktur chip 22-nanometer (nm) di beberapa pabrik yang ada di AS.

Pihaknya juga akan mendanai pembangunan sebuah pabrik fabrikasi baru, yang dikenal sebagai sebuah "fab" di negara bagian barat laut Oregon, Intel mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Intel mulai memproduksi mikroprosesor 22nm pertamanya, dengan nama kode "Ivy Bridge," pada akhir 2011.

Intel mengatakan, proyek akan mendukung 6.000 hingga 8.000 pekerjaan konstruksi dan menghasilkan penciptaan 800 sampai 1.000 pekerjaan baru teknologi tinggi permanen. "Dampak yang paling cepat dari investasi multi-miliar-dolar kita akan menjadi ribuan pekerjaan yang terkait dengan membangun fab baru dan peningkatan empat lain, dan upah-tinggi, pekerjaan manufaktur teknologi tinggi akan mengikuti," kata presiden dan Chief Executive Intel, Paul Otellini.

Intel mengatakan fab baru di Oregon dijadwalkan untuk memulai penelitian dan pembangunan pada 2013.

Ia mengatakan dua pabrik yang ada di Arizona dan dua fasilitas yang ada di Oregon akan ditingkatkan.

Dengan pengiriman satu juta komputer pribadi per hari, Intel mengatakan meningkatkan kapasitas produksi untuk memungkinkan pertumbuhan lanjutan dari pasar PC dan untuk mengatasi pasar yang sedang berkembang seperti komputasi mobile. "Intel membuat sekitar 10 miliar transistor per detik," kata Brian Krzanich, wakil presiden senior Intel untuk manufaktur dan jaringan pasokan.

"Investasi ini akan menciptakan kapasitas untuk inovasi yang kami belum bayangkan." Tiga perempat dari manufaktur mikroprosesor Intel terletak di Amerika Serikat. Perusahaan tahun lalu mengumumkan tujuh miliar dolar dalam peningkatan proses manufaktur 32nm nya di fasilitas AS.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement