Selasa 07 Sep 2010 22:52 WIB

Pertamina Jamin Pasokan Avtur Selama Lebaran

Rep: Cepi Setiadi/ Red: Budi Raharjo
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pertamina menjamin pasokan avtur untuk penerbangan sepanjang mudik Lebaran tahun ini dalam kondisi aman. VP Corporate Communications Pertamina, Mochamad Harun, menyatakan untuk periode Lebaran 2010 ini Pertamina telah menyiagakan sedikitnya 200 ribu kiloliter avtur atau setara stok untuk 26 hari.

''Selama periode lebaran 2010 ini kita pastikan suplai avtur untuk maskapai dalam kondisi aman di level stok 26 hari,'' kata Harun di sela-sela acara pertemuan INACA di Jakarta.

Harun mengatakan, mengingat banyaknya frekuensi penerbangan tambahan yang dilakukan maskapai nasional selama periode lebaran 2010, membuat Pertamina harus memasok lebih banyak lagi avtur. Dia mengungkapkan, Pertamina sudah mulai menerima lonjakan permintaan avtur sejak H-8 atau sejak Jum'at (3/9) lalu.

Menurutnya, dari rata-rata konsumsi avtur harian sebanyak 7.800 kiloliter per hari, pada akhir pekan lalu konsumsinya sempat naik hingga 8.600 kiloliter per hari atau mengalami kenaikan sekitar 10,2 persen. ''Kita perkirakan pada puncak arus mudik konsumsi avtur bisa mencapai sembilan ribu kiloliter atau naik sekitar 15 persen,'' kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement