Selasa 07 Sep 2010 21:53 WIB

Denpasar jadi Kota Tujuan Tertinggi Selama Musim Mudik Lebaran

Rep: muhammad Hafil/ Red: Siwi Tri Puji B
Bandara Soekarno Hatta
Foto: Republika
Bandara Soekarno Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta mencatat sejumlah kota yang paling diminati oleh para pemudik lebaran tahun ini. Menurut Senior Service Manager PT Angkasa Pura II sekaligus Ketua Posko Mudik Lebaran Bandara Soekarno-Hatta, Jaya Tahoma Sirait, urutan pertama sebagai kota yang paling tinggi peminatnya pada arus mudik lebaran tahun ini adalah Denpasar. Menurutnya, jumlah penerbangan per harinya Kota Denpasar selama arus mudik ini mendapai 112 penerbangan.

"Urutan berikutnya sebagai kota yang paling banyak peminatnya adalah Yogyakarta dan Kota Padang," kata Jaya, Selasa (7/9).

Jaya mengatakan, untuk Yogyakarta setiap harinya terdapat 100 penerbangan. Sedangkan Padang di urutan ketiga hanya terdapat 36 penerbangan.

Jaya menduga, dipilihnya Denpasar sebagai tempat yang paling tinggi peminatnya karena terdapat banyak tempat wisata khas Pulau Bali. Sehingga, bisa saja orang yang pergi kesana bukan untuk merayakan Lebaran melainkan hanya untuk berwisata.

Jaya menyebutkan kota-kota lainnya setelah Denpasar, Yogyakarta, dan Padang yang merupakan tiga besar kota yang paling tinggi peminatnya saat arus mudik. Yaitu Surabaya (34 penerbangan per hari), Solo (26 penerbangan), Pontianak (18 penerbangan), Palembang (18 penerbangan), Batam (12 penerbangan), dan Lubuk Linggau (10 penerbangan).

Untuk penerbangan luar negeri, sambung Jaya, pihaknya mencatat bahwa Singapore menempati urutan teratas sebagai negara yang peminatnya paling tinggi dengan 62 penerbangan per hari. Disusul oleh Hongkong-Taipe (34 penerbangan) Hongkong (26 penerbangan), dan Sydney (4 penerbangan).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement