Selasa 17 Aug 2010 01:06 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Harus Berkualitas

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Budi Raharjo
Hatta Rajasa
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menko Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan, pemerintah akan mendorong pertumbuhan ekonomi berkualitas sampai dengan 2014 mendatang. Karena itu, meningkatnya angka pertumbuhan tersebut harus disertai dengan pengurangan angka pengangguran dan kemiskinan.

''Pertumbuhan yang menyerap tenaga kerja tinggi,'' ujar Hatta, usai Pidato Kenegaraan Presiden Dalam Rangka Hut Ke 65 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di depan sidang bersama DPR dan DPD, di Jakarta, Senin (16/8).

Menurut Hatta, pertumbuhan berkualitas ditopang oleh investasi dan ekspor yang tinggi. Sementara peningkatan ekspor tercermin dari tumbuhnya sektor Industri manufaktur yang memiliki tingkat penyerapan tenaga kerja cukup besar. Semuanya, lanjut Hatta, bisa dicapai, jika pembangunan infrastruktru berkelanjutan sukses dilakukan. ''Itu muaranya jadi tidak hanya di sektor konsumsi, tapi investasi dan manufaktur,'' jelasnya.

Di samping itu program perlindungan sosial seperti PNPM mandiri perlu dilanjutkan. Begitupula program Kredit Usaha rakyat yang kini telah berjalan. Dengan pola tersebut, tambah mantan mensesneg itu, pemerintah menargetkan setiap satu persen pertumbuhan diharapkan dapat menyerap antara 350 ribu sampai 400 ribu tenaga kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement