Kamis 12 Aug 2010 00:44 WIB

Pelabuhan Tanjung Priok Diperluas

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Budi Raharjo
Bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok
Foto: Republika
Bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kapasitas pelabuhan Tanjung Priok dinilai sudah tidak layak sebagai salah satu pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia. Karena itu, pemerintah akan segera mensterilisasi kawasan serta memperluas pelabuhan tersebut.

Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, mengatakan untuk mengatasi masalah kepadatan arus barang di Tanjung Priok pemerintah akan melakukan perluasan terminal baru sebanyak empat terminal secara bertahap. Pembangunan dilakukan ke arah timur pelabuhan eksis, yakni dengan mereklamasi bibir pantai yang ada.

''Satu terminal akan dilakukan groundbreaking tahun ini, jadi ada tambahan 1,5 juta twenty-foot equivalent units (TEUs),'' ujar Hatta usai rakor Pengembangan Infrastruktur Tanjung Priok, di Jakarta, Rabu (11/8).

Menurut Hatta, tahap pertama pembangunan akan menghabiskan biaya Rp 5 triliun. Anggaran tersebut termasuk pembangunan infrastruktur dan terminal. Skema pembiayaannya akan menggandeng pihak swasta. ''Diharapkan akan dimulai akhir tahun ini dan selesai pada 2013,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement