Selasa 03 Aug 2010 04:31 WIB

Tekan Disparitas Harga, Perlu Diterapkan Subsidi Langsung

Rep: cepi setiadi/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Direktur Eksekutif ReforMiner Institue Pri Agung Rakhmanto menyatakan terkait upaya menghilangkan disparitas harga elpiji, selama yang diterapkan adalah subsidi terhadap harga produk, maka tetap tidak akan tuntas masalahnya. Menurut Pri, yang harus dilakukan segera adalah mengubah dari subsidi harga ke subsidi langsung.

''Opsi kupon adalah yang paling baik diantara tiga opsi yang ada, dalam arti paling mendekati sistem, subsidi langsung,'' kata Pri kepada Republika, Senin (2/8). Pri menambahkan, yang harus dilakukan adalah mendata dulu masyarakat miskin secara benar lalu mendesain sistem dan mekanisme pendistribusiannya maupun juga bagaimana nanti cara menggunakannya .

'Pri mengakui bahwa dalam implementasinya hal ini tidak akan mudah. ''Tetapi kalau ingin masalah subsidi elpiji ini teratasi tuntas dan memang itu yang harus dilakukan,'' kata Pri Agung.

Pri Agung menambahkan, terkait masalah ledakan elpiji selama ini diharapkan jangan direduksi hanya karena disparitas harga saja. Artinya, terang Pri Agung, apa yang selama ini sudah diwacanakan seperti penarikan tabung serta aksesoris yang tidak memenuhi standar ataupun ilegal, termasuk juga mengatasi praktik pengoplosan harus benar-benar dilakukan dulu secara tuntas. ''Ini lebih ke masalah pengawasan dan penegakan hukum yang lemah, bukan masalah disparitas harga,'' tandas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement