Sabtu 31 Jul 2010 03:56 WIB

Cina Klaim Posisi Ekonomi Nomor 2 Dunia Saat ini

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Cina telah bergerak maju dari Jepang untuk menjadi ekonomi terbesar kedua dunia, seorang pejabat senior bank sentral mengatakan dalam wawancara yang diterbitkan, Jumat (30/7). Yi Gang, wakil gubernur Bank Sentral Cina (PBOC) dan juga kepala Administrasi Devisa Negara (SAFE), tidak menjelaskan bagaimana ia tiba di angka tersebut. Namun, komentar itu telah dipasang di laman Internet SAFE.

"Cina sebenarnya sekarang sudah ekonomi terbesar kedua dunia," kata Yi dalam sebuah wawancara dengan majalah China Reform. China telah dengan kuat keluar dari krisis global didukung paket stimulus senilai 586 miliar dolar dan pinjaman bank didukung negara, dengan pertumbuhan ekonomi 10,3 persen pada kuartal kedua dan 11,1 persen di paruh pertama tahun ini, demikian papar Yi Gang.

Produk domestik bruto China dalam enam bulan pertama berdiri di 17,284 triliun yuan, menurut Biro Statistik Nasional, atau sekitar, 2,5324 triliun dolar, dengan menggunakan kurs rata-rata bulanan bank sentral. Jepang pun akan merilis angka PDB semester pertamanya pada pertengahan Agustus.

sumber : Ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement