Selasa 27 Jul 2010 23:48 WIB

Hingga Idul Fitri, Kemendag akan Pantau Pasar

Rep: Shally Pristine/ Red: Siwi Tri Puji B
Mendag Mari Elka Pangestu
Foto: Republika
Mendag Mari Elka Pangestu

REPUBLIKA.CO.ID, Hingga menjelang hari raya Idul Fitri, Kementerian Perdagangan akan terus melakukan kunjungan pasar untuk memantau ketersediaan dan harga komoditas sehari-hari yang menjadi kebutuhan rumah tangga masyarakat. Rencananya pada bulan puasa nanti, kunjungan pasar akan dilakukan ke beberapa daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera Selatan.

Dari hasil pantauan, Menteri Perdagangan (Mendag), Mari Elka Pangestu mengatakan hampir semua harga bahan kebutuhan pokok relatif stabil dibandingkan sebelumnya. "Lonjakan harga yang sempat terjadi pada beberapa komoditas tersebut selain karena tren musiman menjelang puasa dan lebaran, juga disebabkan oleh anomali musim yang berpengaruh terhadap panen beberapa bahan pokok,” jelasnya.

Mengenai instruksi Mendag untuk menggelar pasar murah di daerah-daerah, Ketua Asosiasi Pengusaha Gula dan Tepung Terigu, Natsir Mansyur mengatakan hal itu harus dilakukan dengan cermat. Mengingat, bila sampai pemerintah daerah menggelar pasar murah menggunakan gula rafinasi seperti tahun lalu, hal itu akan menyalahi aturan.

Natsir mengatakan, kejadian tahun lalu jangan sampai terulang kembali tahun ini mengingat stok gula kristal putih masih banyak. "Selain itu sekarang sedang musim panen/produksi gula petani," katanya ketika dihubungi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement