Rabu 21 Jul 2010 01:20 WIB

Wapres Resmikan Peluncuran Uang Berdesain Baru

Rep: Palupi Annisa Auliani/ Red: Endro Yuwanto
Wapres Boediono
Wapres Boediono

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Wakil Presiden (Wapres) Boediono akan meresmikan peluncuran uang berdesain baru pecahan seribu rupiah dan Rp 10 ribu, Selasa (20/7) petang. Peluncuran dilakukan di Bandung, Jawa Barat.

Pecahan seribu rupiah berdesain baru adalah uang logam. Desain yang dipakai untuk koin ini adalah angklung dan gedung sate. Sementara, pecahan Rp 10 ribu adalah uang kertas dengan gambar yang selama ini dikenal tetapi disempurnakan.

"Uang Rp 10 ribu baru merupakan penyempurnaan desain lama. Dasarnya tidak berubah. Tapi dari segi pewarnaan unsur biru pada gambar ditambah sehingga lebih kontras dari uang lama. Ini lebih memudahkan masyarakat dalam membedakan dengan pecahan Rp 100 ribu," ujar Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah, Selasa (20/7).

Disamping itu, kata Difi, terdapat peningkatan fitur kasat mata dan kasat raba. Setelah peluncuran, Wapres akan menyaksikan penandatangan prototipe kedua pecahan tersebut oleh Pjs Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution dan Deputi Gubernur BI Budi Rochadi.

Prototipe koin seribu akan diserahkan ke Gubernur Jawa Barat. Sedangkan prototipe pecahan Rp 10 ribu diserahkan kepada Gubernur Sumatra Selatan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement