Kamis 15 Jul 2010 01:16 WIB

Peringkat Utang Indonesia Membaik

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Budi Raharjo
Rahmat Waluyanto
Rahmat Waluyanto

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Lembaga pemeringkat kredit Jepang, Japan Credit Rating Agency (JCR), menaikkan peringkat Indonesia ke level investment grade. Lembaga ini menaikkan peringkat surat utang luar negeri Indonesia, dari semula BB+ menjadi BBB-. Sementara peringkat surat utang dalam negeri naik dari semula BBB- menjadi BBB. Kedua peringkat mendapat outlook stable.

Dirjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan, Rahmat Waluyanto, menilai Indonesia merupakan salah satu dari tiga negara yang mencatat pertumbuhan positif. Lainnya adalah Cina dan India. Lembaga pemeringkat seperti Moody's, Fitch, Japan Rating Agency semua menaikkan rating Indonesia sejak kuartal III 2009.

Dampak positifnya sejak awal 2010 adalah capital inflows ke Indonesia sangat deras dan bahkan krisis utang Yunani dan Eurozone sama sekali tidak berpengaruh. Sebaliknya aliran dana semakin deras, nilai tukar rupiah menguat, dan cadangan devisa naik sampai dengan 70 miliar dolar AS.

Menurut Rahmat, salah satu faktor yang dinilai positif oleh lembaga rating adalah pengelolaan fiskal dan utang yang hati-hati. Ini tercermin dari besaran defisit 2008 dan 2009 yang rendah rata-rata jauh dibawah target. Kemudian rasio utang terhadap PDB yang menurun secara signifikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement