Jumat 18 Jun 2010 21:04 WIB

Bongkar Muat di Pelabuhan Tanjung Priok Meningkat Pesat

Rep: C26/ Red: Budi Raharjo
tumpukan peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok
Foto: M Syakir/Republika
tumpukan peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) ke depan diprediksi akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Hal itu mengingat dalam setiap tahunnya saja, peningkatan di PTP mencapai hingga tujuh persen, dan itu pula yang menjadikan PTP sebagai pelabuhan terbesar di Indonesia.

Oleh karena itu, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II akan mendukung realisasi pengembangan pelabuhan tersebut. ''Kegiatan di Pelabuhan Tanjung Priok dalam beberapa tahun ke depan diprediksi melebihi kapasitas daya tampung yang ada,'' kata Eddy Haristiani, Corporate PR Manager PT Pelindo II, di Jakarta.

Selain itu, kata Eddy, peningkatan pelabuhan tersebut pasti juga berpengaruh pada penambahan kapasitas angkut yang semakin besar. Sebab, hal itu menyebabkan kebutuhan drough alur yang lebih dalam lagi.

Menurut Eddy, guna mengimbangi peningkatan PTP akan disediakan fasilitas baru yang mampu menangani kapal Suezmax Post Panamax berdaya angkut lebih dari 5.000 TEUs. ''Hal itu akan menumbuhkan kegiatan regional container transhipment,'' imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement