Kamis 03 Jun 2010 04:32 WIB

Darmin Nasution Calon Tunggal Gubernur BI

Rep: Palupi Annisa Auliani/ Red: Budi Raharjo
Darmin Nasution
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Darmin Nasution

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Wakil Ketua Komisi XI DPR, Achsanul Qosasi, mengungkapkan surat pencalonan Darmin Nasution sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI) sudah diteken Presiden. Komisi XI DPR mengupayakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) bisa digelar sebelum DPR memasuki reses.

'’Surat pencalonan sudah ditandatangani Presiden, calonnya satu, Pak Darmin,’’ kata Qosasi, Rabu (2/6). Informasi itu diperolehnya dari Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi, melalui telepon.

Menurut anggota Fraksi Partai Demokrat, jika surat pencalonan tersebut bisa diterima DPR Rabu (2/6) petang, maka diharapkan pimpinan DPR bisa segera memberikan disposisi kepada Badan Musyawarah DPR. ‘’Nanti akan dibahas di Bamus untuk disikapi oleh Komisi XI. Sudah itu, Komisi XI mengagendakan fit and proper test,’’ jelasnya.

Qosasi memperkirakan, rapat Bamus yang membahas pencalonan Gubernur BI ini baru bisa dilakukan pekan depan. ‘’Tapi mudah-mudahan sebelum reses 18 Juni 2010, Komisi XI sudah bisa melakukan fit and proper test,’’ katanya.

Menurut Qosasi, target tersebut tidak berlebihan. Tapi, percepatan pemilihan Gubernur BI bisa dilakukan atau tidak diangganya sebagai persoalan proses saja. ‘’Ini kan prosedur. Tidak bisa potong kompas besok pagi langsung pemilihan begitu,’’ ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement