Kamis 27 May 2010 06:42 WIB

PT Kereta Api Ingin Jadi Perusahaan Kelas Dunia

Rep: C08/ Red: Budi Raharjo
Kereta api
Foto: Wahyu Putro/Antara
Kereta api

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menjadi perusahaan kelas dunia atau world class company memang tidak mudah. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus banyak berbenah diri untuk mencapainya.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KA), Ignasius Jonan, mengaku telah menyusun road map business baru agar bisa menjadi BUMN kelas dunia. Ia akan melakukan konsolidasi bisnis, peningkatan kapabilitas, dan berinovasi untuk mencapai kenyamanan prima sebagai perusahaan kelas dunia.

''Kita fokus perbaiki kelemahan internal, termasuk memperbaiki sarana dan prasarana. Ditambah lagi, meningkatkan kualitas pelayanan dan penataan SDM. Sedangkan untuk menuju perusahaan kelas dunia maka kita terlebih dahulu harus menguasai pasar,'' jelas Jonan dalam seminar bertajuk 'Mapping Anatomi BUMN Menuju World Class Company', di Jakarta, Rabu (26/5).

Dengan adanya road map baru, PTKA pada tahun 2013 mendatang menargetkan pendapatan Rp 13,8 triliun. Jonan juga menargetkan laba bersih Rp 2,7 triliun. Proyeksi tersebut jauh lebih besar dibandingkan realisasi akhir tahun lalu, di mana pendapatan Rp 6 triliun dan laba bersih Rp 0,2 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement