Jumat 21 May 2010 04:26 WIB

Reformasi di Bank Mandiri Mirip Dengan Reformasi Kemenkeu

Rep: m ikhsan shiddiqie/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah sangat bijaksana dan berhati-hati dalam memilih Agus Martowardoyo sebagai Menteri Keuangan. Menurut Sri, pengalaman Agus di perbankan, khususnya Bank Mandiri, merupakan bekal yang baik dalam menduduki posisi Menteri Keuangan itu.

"Pak Agus dengan pengalaman di Bank Mandiri, sebuah bank yang cukup besar dan kompleks, saya rasa akan memiliki leadership yang cukup," kata Sri. Dia menyampaikan hal itu ketika ditanya wartawan usai mengikuti pengambilan sumpah Agus dan Anny Ratnawati sebagai Menkeu dan Wamenkeu, di Istana Negara, Kamis (20/5).

Sri juga menilai, integritas program reformasi di Bank Mandiri memiliki kesamaan dengan apa yang dilakukan di Kementerian Keuangan. Sri mengaku optimistis bahwa Agus bisa meneruskan program reformasi yang berlangsung di Kementerian Keuangan itu. "Saya rasa cukup optimis dan itu akan berjalan dengan baik," katanya.

Sri menambahkan, untuk bidang kebijakan fiskal, di Kementerian Keuangan telah ada mekanisme yang sangat tepat. "Kebijakan fiskal dalam rangka untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan sektor riil dan kebijakan desentralisasi fiskal yang disampaikan Presiden itu juga merupakan salah satu bidang yang mungkin akan selalu dinamis," katanya.

Ketika ditanya hal lain yang harus diperhatikan Agus, Sri menambahkan, "Anggaran ke daerah-daerah itu sekarang menjadi salah satu topik sangat penting untuk mempersamakan atau mencegah kesenjangan anggaran," kata Sri. Di bidang internasional, Sri menilai Agus cukup mampu karena cukup paham dengan topik di G20 karena berhubungan dengan regulasi sektor keuangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement