Selasa 11 May 2010 20:51 WIB

Dolar AS Jatuh Terhadap Euro

NEW YORK--Dolar AS jatuh terhadap euro pada 10 Mei, setelah para pejabat Uni Eropa meluncurkan paket penyelamatan keuangan hampir satu triliun dolar untuk ekonomi zona euro bermasalah. Namun, ketakutan atas krisis utang Eropa tetap ada.

Prospek euro juga berkurang oleh peringatan dari Moody's Investor Service. Institusi tersebut mungkin menurunkan peringkat kredit Portugal dan menurunkan peringkat Yunani yang sarat utang ke status junk (sampah).

Krisis utang dimulai dengan kegoyahan Yunani ke arah gagal, memicu kekhawatiran tentang ekonomi lemah lain seperti Portugal, Spanyol dan bahkan Italia. Euro meningkat menjadi 1,2778 dolar sekitar 2100 GMT di New York dari 1,2759 dolar pada Jumat.

Mata uang tunggal Eropa menguat kembali di atas 1,30 dolar pada perdagangan Senin pagi setelah Uni Eropa dan IMF menyetujui paket penyelamatan hampir satu triliun dolar untuk zona euro. Namun euro kembali tergelincir. "Ini menandakan bahwa paket yang diusulkan Eropa diterima hangat oleh pedagang, namun ketidakpastian belum berkurang sama sekali," kata Kathy Lien, direktur riset mata uang di Global Forex Trading.

sumber : Ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement