Ahad 07 Sep 2025 06:24 WIB

Survei: Jepang Jadi Destinasi Wisata yang Paling Ingin Dikunjungi Lagi

Sebanyak 96,2 persen menyatakan puas dengan pengalaman mereka.

Wisatawan asing berfoto di Fujisan Yumeno Ohashi atau Jembatan Impian Besar Gunung Fuji yang latar belakang Gunung Fuji, di Kota Fuji, prefektur Shizuoka, Jepang tengah, 08 Juni 2024.
Foto: EPA-EFE/FRANCK ROBICHON
Wisatawan asing berfoto di Fujisan Yumeno Ohashi atau Jembatan Impian Besar Gunung Fuji yang latar belakang Gunung Fuji, di Kota Fuji, prefektur Shizuoka, Jepang tengah, 08 Juni 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jepang dinobatkan sebagai destinasi wisata yang paling ingin dikunjungi kembali oleh wisatawan, sebagian besar karena daya tarik kuliner dan kualitas produknya, demikian hasil survei terbaru agensi periklanan ternama Dentsu Inc.

Dalam jajak pendapat daring yang melibatkan responden dari 20 negara dan ekonomi yang telah bepergian ke berbagai negara, Jepang menempati peringkat pertama dengan 52,7 persen, diikuti Korea Selatan (20,0 persen) dan Amerika Serikat (16,6 persen).

Baca Juga

Menurut Kyodo, minat terhadap kuliner dan barang-barang Jepang, termasuk kualitas produk bekas, mengungguli faktor nilai yen yang lemah, yang sering disebut sebagai alasan meningkatnya jumlah wisatawan.

Produk toko serba ada yang paling disukai responden adalah sushi (46,9 persen), es krim (45,1 persen), serta onigiri dan makanan manis (43,3 persen).

Survei yang dilakukan antara Mei dan Juni tersebut melibatkan 12.400 responden dari Australia, Inggris, Kanada, Tiongkok, Prancis, Jerman, Hong Kong, India, Indonesia, Italia, Malaysia, Filipina, Arab Saudi, Singapura, Korea Selatan, Spanyol, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Amerika Serikat.

Dari 47 prefektur di Jepang, Tokyo, Hokkaido, Osaka, dan Kyoto menempati posisi teratas dalam hal popularitas dan pengalaman kunjungan.

Sebaliknya, persentase wisatawan yang mengunjungi daerah pedesaan tanpa singgah di Tokyo, Nagoya, Osaka, atau Kyoto tergolong kecil.

Namun, dari mereka yang mengunjungi daerah perdesaan, 96,2 persen menyatakan puas dengan pengalaman mereka, dan 93,4 persen ingin kembali berkunjung.

Seorang pejabat Dentsu menyatakan bahwa meskipun potensi pariwisata di daerah pedesaan sangat tinggi, masih terdapat sejumlah tantangan yang perlu diatasi.

Menurut survei, kurangnya titik akses Wi-Fi, dukungan multibahasa, serta keterbatasan aksesibilitas menjadi faktor yang menghambat minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut.

photo
Pemandangan di tempat wisata Chitose Hokkaido, Jepang - (REPUBLIKA/FIRKAH FANSURI)

sumber : Antara/Kyodo
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement